Bali (part 2)

31 Juli 2014

Pagi yang indah, gue gak bisa gak bangun pagi pas di Bali entah kenapa. Padahal kemarinnya udah capek hiperaktif :"D Begitu juga pagi ini, gue bangun dikala yang lainnya masih terlelap. Randomly, mamah tiba-tiba ngajak ke pantai. Karena yang lain masih bobo dan papah pergi (entah kemana .__.) jadilah aku dan mother jalan ke pantai. Disana udah banyak orang-orang yang lari pagi. Terus di pantainya banyak anjing yang lagi bobo. Kayaknya nyaman bangeet gitu bobo di pasir. Kami jalan menyusuri pantai belakang hotel, lumayan jauh. Dari yang tadinya pantainya nggak ada perahu kayunya, sampai ke pantai yang banyak perahu kayu yang warna warni :D senang sekali sudah melihat banyak hal indah di awal hari :')

anjing bobo, lucu kulitnya berlipat :3

aku yang sedang berlari menuju perahu

karang-karang bertebaran di pantai lama lama akan menjadi pasir
Rasanya udah lama nggak menikmati "girls' day out" berdua aja sama mamah sejak kuliah :"3 kangen bisa ketawa-ketawa bahagia lagi, terus peluk peluk mamah kayak pas dulu masih anak tunggal, huhuhu. Gue sangat bersyukur masih diberikan kesempatan seperti ini di pulau Dewata yang indah. It's perfect. I love mamaah :*

Setelah lumayan lama jalan bolak balik di pantai, kami balik lagi ke kamar karena udah lumayan siang dan mendekati jadwal mobil tour datang menjemput.

4th Destination : Krisna, Oleh-oleh Khas Bali

Beli oleh-oleh bukan di hari terakhir, anti mainstream. Nggak apa-apa tapi, soalnya kami belanjanya bukan cuma oleh-oleh, tapi juga buat dipake sendiri :P oke gue akui gue kalap disana sampe-sampe nggak sempet foto-foto T,T Ya abis gimana, jualannya menggoda semua, dan harganya adem ayem. Pie susu bejibun disana, tapi honestly gue gak gitu suka pie susu. Berhubung temen-temen gue mah pada suka, jadi gue beli banyak. Gue beli topi pantai, dress buat ke pantai, sendal jepit, pokoknya yang buat pantai-pantaian lah. Karena sengaja dari rumah nggak bawa baju banyak-banyak biar bisa beli disini, jadi papah nggak protes :3

Selain pie susu, gue juga beli benda-gak-bisa-dimakan buat beberapa orang. Gelang buat my bitches (tapi sampes sekarang belom sempet ngasih ke semuanya T.T), dan sebuah kaos Bali. Eh gue beliin kaos cuma satu loh! Jadi, berbanggalah anda yang saya berikan kaos, karena itu artinya anda spesial :3 Eh ya, di Krisna juga ada pahatan kayu (entah gantungan kunci atau apa) berbentuk titit  (maap ya saya sensor) ._. sebenernya dari kemarinnya pas di Tanah Lot juga banyak liat hal itu. Kurang ngerti sih maksudnya apa, apakah hal itu sedang ngetrend di Bali? Ataukan demand dari para wisatawan akan hal itu sangat tinggi? ._. Oh ya, meskipun bentuknya hal itu, tapi warnanya lucu sebenernya, warna-warni cerah bahagia dan bergambar bunga-bunga. Gue jadi dilema sih, harus suka atau getek ._. Gue ada fotonya sih, tapi maaf yaa nggak dipajang. Nanti "This blog contain adult contents" lagi..

Anyway, belanjaan kami lupa berapa plastik gede. Langsung diborong ke mobil dan kami caaaww ke destinasi selanjutnyaa :3

5th Destination : Danau Batur, Kintamani - Trisna Bali Agrowisata

Siapa yang gak tau Danau Batuuur? Itu loh yang dulu meledak. Udah inget belum? Eh itu mah gunungnya deng. Ya pokoknya itu. Danau dan gunung Batur itu salah satu kekayaan Indonesia yang indah. Gak boong, keren banget emang. Karena hari kemarin kami udah panas-panasan di Pantai, sekarang kami dingin-dinginan naik gunung. Yaaay! >.<

Awalnya kami pengen ke Puri Besakih, tapi ternyata menurut tour guide nya, jalannya masih jauh dan melibatkan banyak tangga lagi. Selain karena waktu kami terbatas, kasihan juga Emak kalau harus jalan lagi. Jadi kami cuma makan siang di resto yang tempat duduknya langsung mengarah ke pamandangan Danau Batur. Sebenernya itu indah,  but it turns out scary when you're with a hyperactive-8-years-old-boy ._. beneraaan gue nggak bisa menikmati 100% itu maaah! Aa Pudan ya Allah hiperaktifnya, geraknya itu nakutin. Gue takut dia jatuh ke jurang danau :"( masalanya pembatasnya pendek banget sama jurang pinggir restorannya. Cuma selutut lah kira-kira. Ditambah, Pudan makin menggila gerakannya karena kedinginan. Jadi aja setelah makan, aku, Bening dan Shofy foto-foto cuma bentar dan cepet-cepet masuk ke mobil aja.

Ini binatang yang menyambut kami di Kintamani

Keindahan yang sempurna kalau dinikmati tanpa kekhawatiran
Akhirnya mereka bisa foto berdua :")

Emak pinjem topiku~

Setelah puas menikmati indahnya pegunungan, kami pun turun gunung~ Di perjalanan turun itu banyak yang jualan jeruk, salak, terong belanda, dan buah-buahan hasil kebun tanah Kintamani. Kami sempet beli jeruknya, enak banget masaaaa huhuhuhuu.. Tapi banyak juga pedagang yang ngeseliiin. Maksa banget biar kita beli dagangannya. Gue sih orang yang sudah cukup pengalaman menolak cinta nggak masalah sama yang kayak gituan, tegain aja. Sayangnya Wa Enung yang hatinya terlalu baik nggak tega melakukannya, jadi aja beli beberapa barang yang dia jual. Semoga pahalanya banyak ya :')

Oke, setelah insiden pedagang rempong, kami terus turun lagii. Sebelum bener-bener mencapai dataran lagi, kami mampir di kedai kopi yang ada kebunnya sendiri. Jadi produk disana itu benar-benar berasal dari kebunnya. Nama tempatnya adalah Trisna Bali Agrowisata. Selain menikmati kopi dan minuman lainnya yang hangat, berkeliling kebunnya juga menarik. Disana ada kopi luwak dan luwaknya. Luwaknya hitam, bergelung, menggemaskan. Minumannya bisa dibeli dalam bentuk bubuk di kemasan untuk diseduh di rumah. Sebelum menentukan mau minum yang mana, kami dikasih tester. Coklatnya enak parah, jadi gue gak bisa menahan diri buat beli. Sampe sekarang masih ada sih, belom abis soalnya pekat sekali.

ini lagi minum tester teh rosella :3

jepit bunga yang terpaksa dibeli, fotonya kecil aja biar kalian gak kaget
Oh ya, disana sempet ada insiden dompet Wa Enung hilaang! Parah dah itu mah udah rempong nyari-nyari. Kami udah suudzon aja itu dicuri pedagang rempong barusan. Eh, taunyaaa jatuh aja, ada di kolong kursi mobil. Yang menemukan siapa? gue dong :3 Btw maap ya mbak/ibu pedagang kami suudzon padamu.

Dengan sampainya kami di dataran kembali, berakhirlah perjalanan pada hari ini. Di hotel, kami delivery mcd buat makan malam. Tapi karena alasan keamanan, hotel nggak ngebolehin si abang deliverynya masuk ke parkiran. Jadi gue harus ngambil sampe ke gerbang depan hotel tempat para security itu. Apesnya pas gue udah sampe sana, si abang McD nya belom dateng, jadi aja malam itu gue habiskan dengan para satpam. Eh, ya ga gitu juga sih.... Maksudnya, gue jadi lama disana dan ngobrol-ngobrol sambil memutuskan urat malu setiap ada mobil yang lewat. Yakali, tiap ada yang lewat, pasti semobil itu pada ngelongokin kepala penasaran kenapa ada gadis cantik nan anggun berkerudung seperti gue ini ikut jaga di pos satpam. Bukan cuma orang Indonesia lagi, turis asing, bule, asian, arab, semuanya melakukan hal yang sama sambil bicara bahasa yang gak gue ngerti. Gue pun membalas dengan senyum awkward.

Setelah satpam jaga nya ganti shift (ini beneran, lama bet dah) baru abang McD datang. Sebenernya gue gak keberatan sih nunggu bareng, maklum juga soalnya jalanan ke arah Kuta di depan hotel macet pisan. Lagipula satpam jaganya baik, ramah dan sopan banget, seneng bisa ngobrol sama mereka :)

______________________________________________________________________

1 Agustus 2014

Sadly, ini hari teakhir di Bali :') kalau bisa sih pingin lebih lama stay disini. Tapi beberapa hal yang aku tinggalkan di rumah menuntut kepulangan. Sohib gue udah rempong banget "woooi, kapan pulang??" "lama banget sih" "pindah rumah ke Bali bukan??" ahahahaha kocak sih liatnya. Jadi tanpa buang-buang waktu, langsung ke next destination!

6th Destination : Pantai Kuta

Ke Bali kalau nggak ke pantai Kuta terasa pincang. Ini nih satu destinasi wajib di list gue. Pagi ini emang yang berangkat nggak semuanya, tapi gembiranya gue liat pantai tetep sama :'3 Bedanya pantai Kuta dengan pantai yang ada di belakang hotel, disini jelas lebih banyak pengunjung yang duduk-duduk, berenang, dan surfing. Gue juga gaya-gayaan kok foto bawa papan selancar. Bawa doang.

Oh ya, disini gue ketemu sama yang namanya baywatch atau penjaga pantai. Ih itu mah ya, beneran kayak yang suka dideskripsikan di kartun-kartun. Tanned and muscular, with very skinny swimming pants. Ya, begitulah yang gue liat, kalo penasaran silakan coba kemari sendiri.
Lambang kegembiraan

I don't know who he is 
Enaknya lagi di pantai Kuta, begitu keluar dari wilayah pantainya, langsung segala hal ada di sepanjang jalan! Tepat makan, tempat belanja, hotel.. Jadi enak orang-orang yang pada wisata kesana. Oh ya, di sekitar sana juga nggak aneh kalau menemukan turis yang jalan-jalan pake bikini. Wong ya depannya pantai..

Waktu ngelewatin salah satu departement store, Wa Enung inget kalau mereka kekurangan tas karena banyaknya belanjaan dari Krisna kemarin, jadi mampir dulu deh beli koper. Bahkan di departement store aja suasana Balinya nggak ketinggalan. Banyak hiasan khas Bali kayak bunga ini nih..

ketemu di salah satu toko disana
Setelah selesai, kami ke hotel menjemput makhluk-makhluk yang baru bangun. Karena males, papah nyetop taksi. Hmm, saran aja sih, kalau mau naik taksi mendingan cari yang blue bird. Promosi gak sih? Ya, biarin lah ya. Soalnya kalau taksi lain suka minta bayaran diluar kewajaran.

7th Destination : Tanjung Benoa, Water Sport dan Pulau Penyu

This is our laaaast destinatioooon :"( Percaya atau nggak, waktu menuju kemari, nggak ada yang tau ini tuh tempat apaan. Bahkan papah yang paling sering ke Bali nggak tau. Dia cuma dapet rekomendasi dari temennya. Karena itu, kami semua nggak siap-siap dan saltum semua. Pake rok, kerudung ribed, gak bawa ganti lagi! Tapi kesaltuman itu nggak bikin kami hilang semangat buat nyoba watersport. Pas liat menunya, rasanya pengen nyoba semuaa! Tapi karena keterbatasan waktu (dan biaya), jadi gue dan Bening memutuskan coba seawalking karena ini yang paling bikin penasaran. Masa bisa liat ikan di laut dan bernafas dengan normal? kan aneh. Untuk seawalking nya AJA sih dibayarin papah. Tapi papah nggak mau bayarin buat dokumentasi di bawah lautnya cobaa. Jadi aja gue dan Bening mengorbankan uang THR yang lumayan untuk kenangan berharga ini.

Papah sendiri main parasailing. Kayaknya seru. Next time ke Bali gue harus coba. Oke, sementara papah parasailing, gue dan Bening dibawa ke tengah laut pake kapal sama mas-masnya. Kami sekapal sama dua orang, a couple I guess, dari Cina. Gue disana nyambi jadi translator gara-gara mas-mas Balinya nggak bisa bahasa Inggris. I should have been paid.

Kalau ditanya satu pengalaman di Bali yang paling mengesankan buat gue, ya seawalking ini lah. Ini yang 100% baru gue rasakan. Kalau yang lain gue jalannya masih di darat, ini jalannya di air. Kalau yang lain memandang kemanapun udara, ini memandang air. Kalau yang lain ketemunya orang, yang ini ketemunya ikan. Pada awalnya masuk ke air, gue ngerasa telinga pekak dan sakit seiring bertambahnya kedalaman. Karena itu kami nggak boleh turun terlalu terburu-buru. Tapi ketika tubuh mulai terbiasa, everything turns so beautiful. Ikan-ikannya kecil lucu gemash dan berwarna-warni. Sinar matahari yang menembus lautan juga menimbulkan sensasi sendiri, rasanya kayak main di film Little Mermaid (I always want to be a mermaid btw, except not a little one). Kami dikasih roti buat ngasih mamam ikan-ikannya biar mendekat. Senang sekali bisa menyentuh mereka yang bergerombol >w< Oh ya, kami juga menyentuh anemon laut! Tau gak? Yang tempat tinggalnya si Nemo loh. Lucu bentuknya, pas disentuh empuk-empuk lengket! Hiiiih, gemash >.< di dalamnya ada ikan badut, tapi gue nggak yakin sih itu Nemo apa bukan.

Pengalaman 20 menit di bawah laut seakan membawa gue pergi ke dunia yang lain. Lebay gak sih? nggak kan?

Setelah naik lagi ke daratan, kami langsung ganti baju dan semuanya bersiap berlayar ke Pulau Penyu!

itu dia anemoooon >.<

Daddy
Perjalanan ke pulau penyu lumayan lama. Kami naik kapal yang cukup untuk 10 orang karena kami bersembilan. Lantai kapalnya ada bagian yang dibuat dari kaca, jadi kami bisa melihat ikan-ikan ketika lewat laut yang nggak begitu dalam.

Kami ber-9 di kapal

My granny is a talented photomodel

Bening dan Shofy, sudah nempel
Perjalanan menyenangkan karena alhamdulillah nggak ada yang mabok laut. Kapalnya soalnya bergoyang kesana kemari, bahaya kalo ada yang mabok. Yak, sesuai dengan judulnya "Pulau Penyu", binatang andalan disana adalah penyu-penyu emesh. Maksudnya penyunya paling banyak. Emang sih sengaja juga karena penyu termasuk binatang yang langka, jadi disini dibuat penangkaran juga. Tapi kalau udah bosen sama penyu, banyak binatang lainnya yang lucu-lucu jugaaa. And the best part is, we could take a photo with them <3 Gue sih nggak mau menyia-nyiakan kesempatan, kayaknya gue foto sama segala binatangnya deh, kecuali landak soalnya tajem, dan ular soalnya gak diizinin papah. Ini foto-fotonyaaa

De Nia dan Wa Enung pegang penyu anak

Penyu mamah :3

Kelelawaaaar~

Elang Bali

De Nia foto sama ular, tapi gak berani pegang kepalanya
Setelah tur kebun binatang beres, kami kembali lagi ke kapal untuk dibawa ke tempat asal kami. Perjalanan kembali terasa lebih liar, karena si mas kapal lebih ngebut dan kapal lebih bergoyang dombret. Puncaknya adalah ketika goyangan kapal yang sangat besar membentuk ombak dan ombak itu naik ke kapal kami. Byuuur! Kami kena cipratan, untung cuma dikit. Tapi ternyata, papah kesiram full!! Kami semua ngetawain dia, bahkan mas kapal ikut ngetawain. Tapi sepertinya Pudan lah yang paling bahagia lihat papahnya tersiksa. Tapi papah nggak kesel, malah ikut tertawa huhahahaha!
Something pengeruk minyak? ketemu ditengah jalan

PAPAH KESIRAM! I'm so happy :3
Selesailah petualangan kami di pulau Bali ini, karena selanjutnya kami langsung ke Bandara dan terbang kembali ke Tangerang.

Perjalanan ke Bali ini membuka mata gue bahwa nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa merasakan paradise seperti ini :) Indonesia sungguh sangat kaya. Bahkan di pulau yang terbilang kecil dibanding pulau lain di Indonesia, gue belom bisa mengeksplor semua keindahannya. Selain itu, luar biasa lagi, di Bali ini paket lengkap. Pantai maupun gunungnya memancarkan keindahan oemji tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Kita harus bangga jadi orang Indonesia. Orang asing aja mengunjungi negara kita karena keindahannya, jadi kenapa kita tidak? :)

Sebagai penutup, ada sebuh lagu yang benar-benar cocok dengan apa yang gue rasakan ketika itu. Lagu itu terus-terusan terngiang di telinga : Cindy Cenora - Pulau Bali

enjoy!
kirana

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Yogyakarta

Rumah Kita (lagi)

Kompas Raja