Menjadi Mahasiswa(i) FKG

Selamat malam!
Koplak deh gue baru kepikiran, sampe sekarang udah semester 6 di FKG tapi kayanya belom pernah bikin postingan yang review kehidupan di FKG ya ga sih? apa pernah...?
*lupa pisan*

Yah, sudah pernah ataupun belum, malam ini gue mau share mengenai menjadi mahasiswa di FKG. Tergelitik dari pertanyaan teman di ask.fm (btw ask.fm gue ask.fm/kiranaga)

"Ada gak hal yang perlu diluruskan atau diklarifikasi dari stereotype orang awam tentang jurusan kuliah kamu sekarang?" Oktryane Safira


Gue sudah menjawab pertanyaan ini di ask.fm tapi rasanya kurang puas karena karakter yang bisa dimuat di ask.fm terbatas. Jadi sekarang gue mau menjabarkan beberapa poin stereotype yang orang-orang  pikir secara umum tentang FKG, copas dari jawaban di ask.fm ditambah detail yang kurasa perlu. Here we go~

1. "FKG itu Fakultas Kebanyakan Gadis", well sampe sekarang that's a reality, angkatan gue aja cowo 16 dari total mahasiswa 109 tapi plis FKG itu BUKAN CUMA BUAT CEWE, in fact, kami di fkg sangat membutuhkan bantuan terutama tenaga serta pikiran taktis kalian duhai para pria :( kalau merasa pria, masuklah fkg dijamin kamu menjadi primadona. Selain itu lebih banyak kesempatan untuk dikenal dan dapet relasi banyak karena di FKG, pria adalah aset dan gampang dicirian. Hal itu menjadi keuntungan besar untuk para pria.
2. "FKG itu belajarnya gigi doang", MAMAM TUH GIGI. Sisi kedokteran jelas ada. Dari awal masuk sini kami belajar tubuh manusia secara sistemik, obat-obatan, fungsi dan reaksinya, menulis resep, belajar cek tensi darah serta pertolongan pertama dalam bencana, namun kami juga udah ngerasain jadi anak IPS dengan mempelajari hukum kesehatan, komunikasi, psikologi pasien, bahkan management finansial dalam klinik. Jangan salah, anak FKG juga handal berwirausaha karena sekecil apapun celah kebutuhan mahasiswa bisa dijadikan ladang berbisnis ;)
Jadi anak teknik? Wah lebih dari sering. Kami mempelajari lagi penerapan vektor dan resultan gaya dalam orthodontik (kawat gigi). Kalau coba ke lab nya anak FKG, kalian akan menemukan yang namanya palu, kunci pas, pelumas, trimmer, gips, wax dan material lainnya bahkan sampai gergaji disana. Belum lagi bur-buran dan handpiece, udah kayak mau gali sumur aja. Lab FKG memang lebih pantas disebut bengkel :)
Kami juga bisa disebut para seniman. Kami bawa bawa pensil warna untuk menggambar jaringan. Kami juga bawa bawa milimeter blok dan dituntut bisa membayangkan bentuk gigi secara 3 dimensi dari berbagai sisi dengan skala yang tepat. Mengukir lilin menjadi bentuk gigi yang tidak hanya mirip, tapi juga mulus dan mengkilap. Kami menjadi panjang akal disini karena kami memanfaatkan benda-benda apapun yang ada, mungkin memakai minyak kayu putih untuk mengkilapkan, atau mungkin KIT mobil. Menggunting kerudung bahan paris yang udah gak dipake demi mendapat kain yang benar untuk memeras amalgam alloy.
Dan yang paling penting, inget aja, jangankan kepala dan leher, bahkan hanya sebuah rongga oral saja itu sudah banyak sekali yang dipelajari. Lidah, pipi, jadi jangan pernah berpikir kami hanya mempelajari gigi :)
3. "FKG itu Fakultas Kedokteran Gagal" alias yang masuk FKG adalah orang-orang tergelincir dari pilihan pertama yang FK. Ada memang orang-orang yang demikian, tapi semakin kemari makin banyak orang yang memang meminati bidang kedokteran gigi ini. Contohnya gue sendiri, alasan gue menaruh FKG di pilihan pertama dari dulu adalah karena penasaran kenapa FKG dipisah dari FK dan bukannya dijadikan program spesialis saja. Ternyata setelah masuk sini... Oh well... Got it, anak FK bisa pada mati kalo ilmunya harus digabungkan juga dengan yang kami pelajari. Dan begitupula anak FKG bisa mati kalo ikut mempelajari ilmu anak FK. Semua sudah dalam porsi yang tepat
4. "Cowo-cowo FKG tuh gaada yang macho dan menarik" macho itu relatif sih... Sukanya para cewe kaya gimana.. Tapi kalo bilang "gak ada" itu terlalu ekstrim dan menggeneralisasi karena in fact, ADA KOK COWOK FKG YANG MACHO :( (menurutku), hmm kembali lagi memang preferences. Tapi yang jelas dan pasti, di FKG kalian bisa menemukan pria-pria yang akan membuat senyum kalian indah kembali :D
5. "Cewe FKG cantik-cantik" YANG INI GUE MAU BILANG IYA BENER 100%
.....
Lol ga deng canda. Sama seperti macho, cantik itu juga relatif. Namun yang mesti kalian tau, di FKG, semua mahasiswa dituntut untuk tampil rapi, bersih, dan wangi. Selain itu juga harus ramah dan sopan dalam bersikap. Yang pasti enak dipandang, didengar dan disentuh (loh, yang ini ngga deng). Dengan penampilan rapi dan tutur kata sopan begitu, siapapun akan jadi cantik :)


Akhir kata (kayak pidato aja) jangan menilai suatu hal apapun itu hanya dengan melihat luarnya atau mengetahui sepersekian dari fakta yang ada. Tidak ada ilmu yang lebih penting dari ilmu lainnya. Semua bidang ilmu saling berintegrasi menciptakan keseimbangan di dunia ini. 
Semoga bisa berguna dan jadi inspirasi adik-adik yang masih mencari jurusan impian atau hanya penasaran, siapa tau (ada yang) nyantol di FKG :3
good night,
kirana

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kangen Yogyakarta

Rumah Kita (lagi)

Kompas Raja