Berbagi Senyum Untuk Negeri! (part 1)

Selamat malam! Gue belom bisa bobo, jadi, let me tell you about salah satu pengalaman paling exciting dan wow deh pokoknya yang pernah gue alamin. Sebenernya baru pas tanggal 30 kemarin siiih.. Ini diaaa..

Judul diatas adalah tagline untuk Jambaksos 2014. Jambaksos itu kepanjangan dari Jambore Bakti Sosial, acara baksos sekalian untuk mempererat hubungan antar angkatan yang setiap tahun diadakan di FKG UI dengan panitia mahasiswa tingkat 2. Tahun ini acaranya di desa Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Desanya merupakan desa kecil yang kesananya harus naik belak-belok dulu (sampe mabok). Kesan pertama gue tuh, yaa ini terlihat mirip perumahan di daerah kebun teh Gunung Mas, Bogor. Ini dia..

Baliho acaraya, ditempel di pager masjid

Niih gini rumah-rumahnya

jalan kecil diantara rumahnya, deket-deket sekali >,<


Nah kalau ini jalan yang agak besarnya
Gak salah sih acara ini dinamakan jambore. Soalnya mirip perkemahan gede-gedean gitu. Cuma bedanya, gak ada tenda. Kami, peserta dan panitia ikut numpang bobo di rumah warga. Rumah para warga ini beragam, ada yang udag pakai ubin, ada yang belum. Ada yang punya toilet, ada yang nggak. Nah, kalau rumah yang aku tempatin alhamdulillah mayan baik. Kamarnya cukup luas. Kami berdelapan di satu kamar itu. yang angkatan 2013 cuma gue sama temen gue namanya Lulu. Awalnya sih awkward, kan sama senior gitu. Tapi kesana-sananya enak kok, udah enjoy bangett. Ada kamar mandi, ada pintunya, tapi gak ada kuncinya! Jadi kalo lagi mandi ya minta ditemenin, jagain pintu sambil berdoa aja dah ._. Terus karena dindingnya anyaman, jadi bolong-bolong. Dari bolongan ituu, kita bisa liat orang lagi mancing huhuhuu T.T Rumahnya kecil sih, tapi menarik. Rasanya beda banget sama rumah gue. Bahkan di dapurnya, masih ada tumpukan kayu bakar! O.O tapi yang aku agak parno sama rumah ini tuh... sarang laba-laba dan penghuninya dimana-mana sih :'( *mencoba tegar*

Ini dapur dengan tumpukan kayu bakar di pojoknya

Kamar mandinya (airnya dingin bangettt)

Kalau ini kamarnya, diambil pake panorama ;)
Kan jambaksos itu tiga hari yang gue ikutin, hari pertama itu keberangkatan, hari kedua acara inti yaitu baksosnya, dan hari ketiga kepulangan. Sebenernya udah ada sih acara dari dua hari sebelumnya, cuma aku ikutnya pas yang ini aja hehehee~ Pas hari pertama itu kami rombongan sampai-sampai jam 10 malam. Kami-kami shock banget sama jauhnya perbedaan suhu Banjarsari sama Salemba (you don't say sebenernya). Disana dingin bangetttt, maklum sih gunung. Setelah pembukaan di panggung tengah desa, kami dibagi rumah penginapan. Gue dapet di rumah salah satu RW daerah sana. Begitu sampai, meskipun udah mau jam 12, tapi gue maksain mandi! Kenapa? ya geuleuh aja gitu udah gak mandi dari pagi ._.

Kemudian, tibalah hari keduaaa! Kami disuruh bangun jam 5 karena mau ngumpul di panggung buat sarapan sebelum pergi ke lokasi baksos masing-masing. Kami tidak hanya sarapan, tetapi juga bernarsis ria. Salah sendiri pemandangan paginya bagus, aku kan juga jadi tergiur fotoooooo >.<


No caption needed

Itu katanya namanya "Rumah Pembuat Awan"

Angsa mesh lagi pacaran :3

Gaya dikit gapapa kali? HAHAHA


Setelah sarapan, gue dkk pergi ke lokasi penyuluhan. Gue dapet di SD Malabar 3 untuk ngasih penyuluhan pake panggung boneka buat anak kelas 1,2 dan 3. Disana gue manggung sama temen gue namanya Encha.

Dateng-dateng disambut pemandangan anak-anak baris >.<

Ini suasana SD Malabar 3 :D

Naaah, ini talang buat ngaliri air kumur-kumur bekas sikat gigi bersama

Temen gue (Nades) lagi mencontohkan cara
sikat gigi yang bener :)

Panggung bonekanya! Itu yang nongol pupetnya tokoh "IBU"

Behind the scene, kumpulan pupet (ada kaki Encha)

Hadiah buat yang bisa jawab! Kalender
gambar Iqbal CJR + ttd asliiiii >.<
Kelompok yang dateng ke kelas penyuluhan panggung boneka itu ada 3 kelompok, jadi gue dan Encha 3 kali show. Mayan serak .__. mana gak ada minum... Tapi alhamdulillah bisa beres dengan baik :) Setelah ketiga kelompok masuk, gue pikir udah beres kan. Kirain gabut, eeh taunya ada lagi yang masuk! Mereka ternyata nunggu ke pos pengobatan, sebelumnya katanya ditaro di pos penyuluhan buat main game dulu. Akhirnya kita main game banyaaak.. Ada yang ular naga, ada game ikuti aku, ada game kuda bisik. Capek siih tapi anak-anaknya pada masih semangat aja tuh. Akhirnya, biar anteng mereka dikasih gambar untuk diwarnai. Gue juga ngebiarin anak-anak pergi ke belakang panggung dan mainin pupet-pupet disana.

Senengnya dibiarin main pupet ;P

Mewarnaiii *ngiler pengen juga*

Kelompok yang ngatur posisi mau foto :D

"Kak Encha, mau liat fotonya!"

Beberapa kelompok masuk lagi ke kelas kita, sampai tiba waktunya mereka ke pos pengobatan itu kira-kira jam 1an. Setelah itu akhirnya kami bisa istirahat dan makan siang. Fyuuh >.<

Terus, setelah selesai, kami dibolehin balik lagi ke rumah buat istirahat. Gue dan temen-temen janjian mau jalan-jalan sekitar kebun teh jam 4an. Bakal gue lanjutin di post selanjutnya ;)

Sebelum sampai rumah, tentunya narsis duluuu >w<

"Flowers Village of Banjarsari" -Nurin Muthia Adani, FKG UI '13-


Comments

Popular posts from this blog

Kangen Yogyakarta

Rumah Kita (lagi)

Kompas Raja